Pesona Wisata Kutai Kertanegara

Tenggarong, 18 Agust 2007

Menyebut nama Kutai Kertanegara, pastilah kita langsung teringat akan nama kerajaan Hindu tertua di Indonesia. Memang tepat, kerajaan itu nyatanya terletak dikota Tenggarong, Kab. Kutai Kertanegara. Meskipun sisa-sisa peninggalan masa lalu sudah tidak terlalu tampak lagi dikota ini, tetapi bukan berarti kota ini tidak menyimpan kekayaan wisata yang layak dikunjungi oleh wisatawan dari manapun berada.

Tanggal 18 Agust 2007, kami berkunjung ke kota Tenggarong. Meskipun ini bukan pertama kali gue kesana, tetapi kali ini dirasa berkesan karena hasil kunjungan gue akan gue share kan keblog gue ini. He2. Tepat pukul 8 WITA pagi kami (gue dan beberapa rekan kerja gue) berangkat dari tempat tinggal kami di Samarinda. Perjalanan ke Tenggarong cukup ditempuh dalam waktu 45 menit saja.

Sepanjang jalan terlihat sekali infrastruktur yang lumayan megah seperti jalan yang dicor beton dua arah hingga pusat kota. Ini membuat perjalanan sungguh menyenangkan karena jalannya bagus dan tidak berlobang

Sesampainya dikota Tenggarong kami langsung menuju rumah makan untuk mengisi perut, maklum belum sarapan tadi pagi. Kemudian perjalanan kami lanjutkan dengan naik kereta gantung menuju salah satu ikon kota Tenggarong yaitu Pulau Kumala.

Luar biasa sekali karena kereta gantung serupa hanya ada di Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta yang lebih dikenal dengan Gondola. Dari atas kita dibawa untuk melintasi sungai Mahakam, salah satu sungai terlebar di Kalimantan.

pulau.JPG

Pulau Kumala sendiri terdapat ditengah-tengah sungai Makaham, oleh Bupati Kukar saat itu pulau ini dibentuk menjadi indah dan sekarang menjadi ikon kota Tenggarong. Dibagian depan pulau dibuatlah sebuah patung besar Lembuswana (hewan dalam mitologi orang Kutai, yang menjadi bagian lambang kota).

Didalam pulau disediakan angkutan baik bus kecil keliling sampai kereta api kecil untuk membantu pengunjung menjelajahi pulau ini. Ada juga permainan bom-bom car untuk anda dan keluarga anda. Selain itu yang terdapat juga rumah adat suku Dayak (suku asli kalimantan). Disini ada jug satu buah menara tinggi yang kita bisa naiki berupa berbentuk lift bulat untuk membawa kita keatas melihat seluruh kota Tenggarong dan sungai Mahakam.

4 pemikiran pada “Pesona Wisata Kutai Kertanegara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s