Tommy Winata (Grup Artha Graha)

Bos Grup Artha Graha, Tomy Winata alias Oe Suat Hong, kelahiran Pontianak, 1958, salah seorang pengusaha sukses di negeri ini. TW, panggilan akrabnya, dikenal akrab dengan kalangan militer. Dia seorang yang ulet, memulai usahanya dari bawah, sejak remaja. Maklum, dia yatim-piatu, miskin. Tapi, kini dia seorang konglomerat yang sukses membangun imperium bisnis di bawah Grup Artha Graha.

Awalnya, 1972, pada usia 15 tahun, seseorang memperkenalkan TW kepada komandan rayon militer di Kecamatan Singkawang, Kalimantan Barat. Kemudian, buah perkenalan itu, TW dipercaya membangun kantor koramil di Singkawang.

Sejak itulah hubungan bisnisnya dengan militer terus berlangsung, terutama dengan beberapa perwira menengah dan tinggi. Dia sering dipercaya mengerjakan proyek, mulai dari membangun barak, sekolah tentara, menyalurkan barang-barang ke markas tentara di Irian Jaya dan di tempat-tempat lain seperti Ujungpandang dan Ambon.

Keuletan dan kebersahajaan penampilannya yang jauh dari kesan mewah, perlente, tampaknya membuat mitra bisnisnya lebih mempercayainya. Sehingga dalam waktu sepuluh tahun, TW berhasil mengembangkan imperium bisnisnya. Dia mendirikan PT Danayasa Arthatama (1989). Perusahaan ini, bermitra dengan Yayasan Kartika Eka Paksi, milik Angkatan Darat, membangun proyek raksasa Sudirman Central Business District (SCBD) yang menelan investasi US$ 3,25 miliar, direncanakan rampung 2007.

Di samping bergerak di bidang properti, bisnis TW juga meliputi perdagangan, konstruksi, perhotelan, perbankan, transportasi, dan telekomunikasi. Imperium usahanya sekurangnya terdiri atas 16 perusahaan.

Pria berdarah Taiwan ini memiliki sejumlah kapal pesiar dan ikut mengelola usaha pariwisata di Pulau Perantara dan Pulau Matahari di Kepulauan Seribu. Dalam kaitan ini, pada Mei 2000, dalam suatu acara dialog di sebuah stasiun televisi swasta bersama Presiden Abdurrahman Wahid, ditenggarai di kapal pesiar dan Kepulauan Seribu itu ada judi besar-besaran. Sehingga Gus Dur bereaksi: “Tangkap Tomy Winata.”

Tapi, saat pihak aparat, bahkan Komisi B (Bidang Pariwisata) DPRD DKI Jakarta melakukan inspeksi mendadak ke pulau itu, tidak ditemukan bukti sebagaimana yang dituduhkan Gus Dur. Ternyata, Pulau Ayer dikelola Pusat Koperasi TNI Angkatan Laut, bekerjasama dengan PT Global.

Namanya sering dikaitkan dengan mafia judi bersandi ‘Sembilan Naga’ yang beroperasi di berbagai negara, antara lain Indonesia, Malaysia, Singapura, Hong Kong, dan Makao. Namun, sampai sekarang belum ada bukti hukum yang menegaskan bahwa ia adalah raja judi. Bahkan, kepada Majalah Forum, November 2001, TW menegaskan “Sejak dulu dan sampai hari ini, tidak ada bisnis saya yang bergerak di bidang perjudian. Semua usaha saya legal dan resmi.”

42 pemikiran pada “Tommy Winata (Grup Artha Graha)

  1. Emangnya berapa jumlah kekayaan dari Tommy Winata. Setahu saya orang paling kaya di negara ini adalah Aburizal Bakrie (Ical). Tolong dong profil tentang Ical ya, diulas. Pengen tau niy

  2. hai semuanya…
    anak2 bangsa terkasih… MERDEKA!!! Happy Independent Day!
    buat saya, Tommy Winata memang orang terkaya, terbaik yang pernah saya kenal dalam hidup saya. dia perduli dan sangat perduli dan mungkin satu2nya org China or Boss2 Pribumipun gak ada yg positif otaknya kalo ktm saya!!! pokoknya dia satu2nya yg saya kenal yg otaknya gak jorok ama saya! Yup…He’s amazing…!!!
    Nothing to loose…
    and coba sebutin kalo ada pengemis yang dia tolak kalo pas papasan ama beliau…?
    NGGAK ADA!!!
    thanks indonesiana…
    jgn terlalu percaya fitnah
    love u all guys
    percayalah…
    HE IS THE MAN WITH THE HEART!!!

  3. oh yah… satu lagi kekasih2ku Indonesiana…
    kadang2 C.I.N.T.A emang bikin org2 melakukan apa aja buat orang yg mereka cintai apalagi buat orang yang ngasih mereka makan, dan… banyak orang yang sungguh mau mati buat BELIAU, koko,bapak,sahabat kami TOMMY WINATA, TERMASUK saya…
    banyak yang BERHUTANG BUDI n NYAWA ama dia, so please deh gak usah pada sirik, saya aja MISKIN gak sirik ma dia. dia dapatkan semua ini dgn gak gampang!!! bayangin, berapa org org ‘kita’ yg bs jd ‘orang’ kalo orphanage kyk do’i?
    ….tolong sebutin… siapa??? percaya ma saya… pasti banyak yg gak senenglah kalo orang yg ngasih makan mereka di hujat2…
    salam sayang buat koko TOM sekluarga…
    LOVE U ALL!!! no matter what!

  4. hmm..untuk koko yg satu ini..

    buat gw..menjadi seorang TW gk mudah..gk cuma ngejentik jari kaya fairytale and then jadi berhasil..ya kan.

    apa pun bentuk dari cara berbisnis..mungkin memang harus begitu cara berbisnis..saling bantu,saling silang,saling terjang..

    tapi kalo masalah punya hati ato gk..nah ini..TW adalah orang yg sangat punya hati..suka ato gk..setuju ato gk..buat yg kenal dari dulu pasti sependapat dengan saya..yoo

    Good luck & tetep punya hati ya🙂

    salam gang Macan🙂

  5. setuju komentar no 2,3,4
    pada awalnya beliau juga gak mudah mencari uang…
    bayangkan cuma lulusan SD cuy…
    tapi bisa menjadi seperti sekarang ini…
    dan menurut saya beliau gak melihat orang dari titel atau pendidikannya,asalkan orang itu mau bekerja pasti di tampung…

  6. Hallo sobat, aku salut plus angkat jempol kpd TW dia bisa jadi orang terkaya padahal berangkat dari orang susah dan dari keluarga yang tidak dibesarkan kedua orang tuanya lantaran dia yatim piatu. so hebaaaaaaat.

  7. Tomy Winata adalah salah satu taipan kaya di Indo. Dan masih banyak lagi taipan2 china yang menguasai bisnis di INDO!!! Buat necel ( komentar 1 ) yang goblok!!! Apa matamu buta?? Atau telingamu budeg?? Bakrie itu hanya seorang yg kaya dari hasil korupsi!!! Dan sekarang udah bangkrut!!! Bayar korban lumpur lapindo aja uda gak mampu!!! Sudah hancur dulll!!! Makanya baca berita jgn cuma omdo ( omong doang )!!!! Hidup TW!!! Ical hanyalah koruptor di badan pemerintahan & tidak patut dibanggakan!!! Dan lihat, ekonomi negara ini dipegang oleh siapa??? ( Buat necel yg bodoh )

    • nah ini yg gw gak suka, saling serang di internet…tebarkan lah cinta kasih sesama anak bangsa…..jangan terpancing oleh hal-hal gak perlu okay…
      yg satu memuji2 yg satu mengujat2….apa hasilnya?????? lo..lo pada di kasih duit gak sama TW or Ical…….gak kan…..kalo mau berantem jgn disini..kita kibarkan aja sekalian perang kalian…antara pendukung TW dgn pendukung ICAL……pada goblok2 semua……

  8. HIDUP TW!!!!! Necel ( komentar 1 ) yg bodoh, daripada liat profil Bakrie yg udah bangkrut & hancur ( krn uang yg didapat hasil korup / kena karma ) matamu buat liat korban lumpur lapindo aja. Liat penderitaan mrk, bgm tanggung jawab Bakrie yg katanya terkaya se Indo??? Mana uangnya??? Udah bangkrut gobloookkk!!!!! Kalo negara ini tidak ada orang china, sudah hancur bodoh!!!! Saya juga orang Jawa beragama Islam yg mengabdi pada seorang pengusaha cina yg kaya & sy sangat bangga pd pengusaha2 cina di Indo. Jadi kalo nulis berita jangan terlalu sombong!!!!!!! Buka mata!!! Buka telinga!!!

  9. Gue nga tau banyak mengenai TW, dan juga gue nga tahu mengenai sepak terjang TW.
    tapi berusaha untuk hidup sendiri sewaktu kecil dan berdiri sendiri hingga berhasil itu yang membuat saya merasa iri ..
    ini baru bisa di sebut “pengusaha suksess” man .. jangan dibandingin sama yang lain bisa jadi konglomerat tapi kok bikin susah rakyat .. contoh tuh lumpur lapindo, ngawini anak sampe trilyunan tapi kasih nganti rugi nga mampu .. malu – maluin ah ..

  10. Wow..lulusan SD jadi berhasil….zzzzzz………yang skolah tinggi2 jadi S1/2/3 dll dst kalah prestasi…zzzzzz……malu2in dunia persilatan…..

  11. terlalu banyak sudah yg diabuat ole TW buat negara dan bangsa ini .. bahkan yg bisa dipastikan beliau seorang Militan terhada NKRI… jgn salah lirik .. that is true

  12. Kaya boleh aja…silakan…

    yang penting nanti ada pertanggungjawaban di akherat (setelah mati)…semua kekayaan yang ada ngga dibawa….tujuan hidup bukan harta, tapi kebahagiaan lahir batin…Harta tidak bisa dinikmati kalau kita sakit…hidup paling2 cuma 90 th….makin banyak harta makin lama diperiksa ama tuh malaikat, kalo ngga percaya coba aja ..pernahkah kita mimpi seram sampai ketakutan sendiri….itulah alam gaib yang kan menjadi kenyataan….Bahagiakanlah orang lain dan jadilah dengan yang cukup (tidak lebih/tidak kurang)….jadi pilih mana ….

  13. @Adi
    Yah kalo kayanya hasil dr rampok itu ya bakal urusan dgn akhirat. But TW adalah seorang Indonesia yg membuat perekonomian bangsa ini lebih makmur. Mending gitu kan drpd sektor2 penting dimiliki oleh orang2 asing? TW menghidupi jutaan orang, itu sdh pasti. Hukum alam selalu ibarat timbangan. Berat jasa atau dosa? Jgn lihat dr 1 sisi saja. Hitung tuh jasanya.
    Peace!

  14. Orang kaya banyak bahkan lebih dari siapa tadi tewe (tommi winata) tapi yang seperti tewe engak ada..? tidak abis dimakan periode siapapun dari jaman presiden Soeharto – BJ Habiby – Gusdur – Mega – SBY dan SBY lagi. sampai sekarang beliau tidak pernah berubah bahkan dengan payung Artha Graha Peduli udah cukup bukti kalau beliau (TW) peduli untuk 1(satu) Negeri INDONESIA , cuma memang justru org² disekelilingnya lah yang membuat keadaan dan reputasi Artha Graha (Tommi Winata) jadi burem – Bahkan ada org yg hanya sekedar tau aja bisa mengunakan nama Artha Graha . Kelompok itu yang paling bahaya buat Artha Graha ………………………

  15. siap yg ngak kenal pak tommy, mantap bro… itu baru boz gede.gara2 tw, pembangunan di indo kan makin matep. liat aja uda berapa ratus mall yg dibangun tw. kalau bakrie mah parah uda berapa juta orang di indo yang dibikin susah dia, contohnya lapindo uda berapa juta org yg nagis keilangan rumah gara2 si bakrie… GOOOO pak tommy.

  16. saya dukung 100 persen buat pak tommy, kalau bakrie saya sumpahin 100 persen dapet karmanya, bikin rakyat susah, mau jadi calon presiden lagi, apa kata dunia…..

  17. katanya pak TW punya pabrik garmen di Batujajar, boleh dong saya ikut kerja, mau bantu-bantu masukin bahan baku dan barang2 impor lainnya dari LN saya punya cukup pengalaman untuk itu. Semoga pak TW berkenan, Hatur nuhun pisan.

  18. abu rizal bakrie beda ama tommy winata – bakrie memanfaatkan proposal yg masuk ke mensekneg utk mendapatkan dana2 hibah dan uang negara untuk membangun bisnisnya dan memanfaatkan semua fasilitas negara untuk kepentingan pribadinya sedangkan tommy winata bekerja sama dengan mafia2 asia untuk melakukan money laundry di indonesia, jadi perbedaannya sangat jelas kalau tommy gak memanfaat kan fasilitas negara dan merugikan negara justru memberikan kontribusi pajak untuk negara dan membuka lapangan pekerjaan tanpa merugikan pihak mana pun..

  19. Buat asuk TW ada lowongan nggak ya? Aku juga keturunan china dari pontianak. Semoga ada kabar baik ya. Terima kasih.

  20. Artha Graha Group Banyak Duri Dalam Daging……….!!! banyak orang-orang yang mengatas namakan Artha Graha buat kepentingan sendiri

  21. Saya salut dan kagum kepada Bapak TW, berangkat dari susah bisa mencapai seperti sekarang tentunya tidaklah mudah, kita musti meniru kegigihan dan keuletannya, Disamping ulet dan gigih juga ada faktor lain yaitu koneksi, dan menjalin koneksi sebanyak banyaknya itu perlu, bagaimana agar orang percaya yaitu jujur dan amanah, nah untuk apa kita iri kepada pak TW, kalau boleh pak saya ingin belajar dari Bapak, kalau saya bisa seperti Bapak Insya ALLOH, pengangguran dan kemiskinan akan berkurang karena saya ingin membuka lapangan pekerjaan seluas luasnya juga membeli kail kepada kaum miskin sebanyak banyaknya agar kehidupan rakyat merata kita makmur maju sukses bersama sama bukan kah begitu kita lebih peka dan tenang. Hidup Bapak TW maju terus sukses dan semoga panjang umur amiin.

  22. selama ini saya cuma dgr cerita nya tapi selalu kagum dgn dia….. hidup om TW selalu suksess dgn Artha Graha nya….. salam dari sesama org pontianak…..

  23. saya dulu kerja di perusahaannya pa TW setau sya dia orangnya baik banget,dermawan,santun kpd setiap orang,sya pun yg seorang pegawai kecil sangat terharu,beliau slalu manggut kalau kita sapa,siapapun orangnya ga ngliat dri golongan apa,miskin atw kaya didepan beliau sama aja kayanya,dan satu lgi catatan yg saya tau beliau sangat bnci banget yg namanya narkoba

  24. Tw.memang org kaya.dan berlimpah harta.tapi pelit buat karyawannya.pesagon sy aja ga mampu bayar.kalau mau phk karyawannya.di suruh menggundur kandiri.dan di pak sah tandatangan yang ga jelas.dan di tutupin.apa lagi di lt.28.lebi parah.semuanya ga jelas.jadi kalau pengen kerjah di grop AG.pikir2 dulu de!..jangan pandang luar nya aja.

  25. Salam hormat buat Pak Tommy Winata,saya dari daerah Sumut,saya sangat membanggakan Bapak atas apa yg Bapak capai selama ini.Dengan kegigihan dan insting bisnis yang tajam Bapak bisa meraih kesuksesan yang begitu menakjubkan.Walau kesuksesan ini diraih dengan tidak mudahnya,tapi Bapak sanggup melewati segala aral rintangan yang membentang di depan mata.Saya sungguh kagum dan salut sama Bapak.Bapak adalah pengusaha yang paling saya idolakan,andaikan saja saya bisa mendapat bimbingan dan petunjuk dari Bapak,mungkin itu merupakan berkah yang paling berharga buat saya.Bila Bapak berkenan saya sangat ingin bekeja di bawah naungan Bapak karena saya yakin masa depan saya dan keluaga saya bisa jauh lebih baik dibanding sekarang.
    Sebelumnya saya mohon maaf jika ada kata-kata saya yang kurang berkenan di hati Bapak.Terima kasih atas waktu Bapak untuk membacanya.
    Salam sejahtera buat Bapak sekeluarga,semoga sehat-sehat dan dilindungi oleh yang MAHA KUASA.
    PEACE…..

  26. salut buat TW… selain OSO, ad juga orang asal KALBAR yg sukses.. biar pun beliau orang Taiwan.. tp dia juga asal singkawang Kalbar… biar gimn saya juga pernah makan uang nya.. krn biar begini saya prnah kerja di salah satu PERUSAAN nya… yg begerak di bidang Kelapa Sawit… PT CUS dan PT JALIN… buat Necel dan Eror… komentar 1 dan 8-9.. orang kaya indonesia tu setahu saya di PT Jarum.. yaitu.. MIKAEL HARTONO dan BUDI HARTONO.. dan jgn ribut kan kekayaan orang.. kita cari duit jak bnyk2 biar mcm mereka…

  27. Pak Tw selalu digembar gemborkan dan dinilai sbg org jahat.Tp tdk terbukti secara hukum.Manusia hnya bs mencari kesalahan org.Yg mengetahui perbuatan kita hnyalah Tuhan.Kitapun tak luput dari dosa.Perbuatan2 baik pak Tw jarang dibicarakan.Namun kita selalu mengagung agungkan diri sdri..pdhal kita msh nol besar.Nama besar Tw…menggema dimana2.namun sosoknya spt apa?sayapun tak tahu.Itu menandakan bhw sosok pak Tw low profile.Mkn sebagian dari kita..nyumbang sapi 2 aja udah heboh masuk fb,path dan mkn undang wartawan…Gmn kalau kita sekelas pak Tw?mampukah kita menahan diri tdk heboh dan tdk sombong????pak Tw..Tuhan memberkati bpk berlimpah-limpah…kiranya bpk selalu sehat dan hdp penuh rasa syukur.Sekalipun berpapasan dijln…sy ttp tdk tahu wajah bpk.Tetaplah demikian..memiliki hati seorg hamba namun berjiwa sbg ksatria…Tuhan memberkati…

  28. Semua manusia sudah memiliki rejekinya masing2 yang allah berkan kpada kita..jd kita sbgai manusia yang allah ciptakan sempurna bersyukurlah kpda allah/tuhannya masing2..

Tinggalkan Balasan

