Belajar Dari Author The Money Maker

The Money Maker adalah istilah yang dimunculkan oleh Johanes Lim Phd, seorang pembicara dan pengarang buku terkenal. Ia mendeskripsikan prinsip tersebut dengan mengatakan bahwa setiap orang menginginkan kesuksesan, tetapi hanya sedikit yang mewujudkannya. Cara mewujudkannya dipaparkan secara gamblang oleh sang author. Menurutnya ada 4 cara untuk mencapai kesuksesan yang paling mudah (sekali lagi catat “MUDAH”), yaitu :

1. Menjadi pengusaha

2. Menjadi agen asuransi

3. Menjadi pelaku bisnis MLM

4. Menjadi broker properti

Untuk yang pertama siapapun tahu bahwa menjadi pengusaha yang memiliki usaha sendiri merupakan jaminan untuk memperoleh finansial yang baik. Tetapi untuk 3 berikutnya memang terhitung ide baru.

Menjadi agen asuransi adalah pilihan yang paling baik karena peluang produk perlindungan dan investasi dinegara ini masih sangat besar. Berbeda dengan dinegara-negara lain asuransi merupakan salah satu hal yang tidak boleh dilupakan. Memang mengubah pandangan orang bukanlah hal mudah, tetapi bila ada keyakinan pasti bisa dilakukan. Produk Asuransi terbagi 2 yaitu perlindungan dan investasi. Perlindungan meliputi pertanggungan terhadap musibah semisal kebakaran, sakit dan kematian. Sedangkan investasi merupakan produk asuransi yang memberikan perkembangan pokok investasi dengan bunga apabila disimpan dalam jangka waktu yang lama. Contohnya investasi masa pensiun, asuransi haji, asuransi pendidikan anak dan lain-lain. Untuk produk asuransi investasi ini umumnya menawarkan pembayaran dalam jangka waktu 5 sampai 10 tahun dengan bunga yang diklaim lebih besar dari deposito.

Ada juga produk asuransi yang menawarkan paket untuk kedua jenis asuransi tersebut yaitu perlindungan atau proteksi dan investasi. Jenis asuransi ini biasa disebut Unit Link. Bahkan premi yang dibayar juga bisa dalam jumlah yang kecil. Asuransi milik salah satu bank terkemukan bahkan menawarkan asuransi komplit tersebut dengan premi Rp. 3 juta pertahun dengan jangka waktu 5 tahun.

Melihat kondisi masyarakat saat ini seharusnya asuransi menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki. Bisa dibayangkan bila seorang suami dengan 3 anak dan istri yang tidak bekerja tiba-tiba meninggal. Akibatnya keuangan keluarga juga akan berhenti dan pastilah yang menjadi korban adalah keluarga yang ditinggalkan. Istri akan membanting tulang untuk menghidupi anaknya dengan bekerja, dan anak-anak pastilah akan terlantar. Disinilah peran asuransi sangat berguna. Misalkan tadi sang suami sudah menyiapkan asuransi untuk dia dan keluarganya, sehingga bila ia meninggal keluarganya tidak akan ikut sengsara, karena ia pasti akan mendapatkan uang pertanggungan yang mencapai ratusan juta rupiah, belum lagi uang investasi yang bisa ia ambil bila diperlukan. Dengan uang tersebut pastilah keluarga tersebut akan dapat hidup layak meskipun suaminya telah meninggalkannya.

Saya sendiri sudah ikut asuransi mulai tahun ini karena manfaatnya yang besar. Bukan hanya ikut, tetapi saya juga berkeinginan menjadi agen asuransi yang menjual polis bagi yang membutuhkan. Keuntungan apa yang didapat dari menjual asuransi?

Menurut Johanes Lim menjadi agen asuransi merupakan pilihan yang baik tanpa harus meninggalkan pekerjaan kita. Setiap polis kita yang terjual, maka kita akan mendapatkan komisi atas total premi penerima polis, kisaran komisi bervariasi untuk setiap perusahaan asuransi mulai dari 5% sampai dengan 20%, bahkan ada perusahaan yang berani membayar 30%. Bayangkan bila ada orang yang ikut asuransi yang membayar premi sebesar 300 juta/tahun selama 10 tahun berapa jumlah uang komisi yang diterima oleh sang agen.

Menjadi agen tidak hanya dapat menjual polis saja tetapi ia juga bisa mengajak orang lain menjadi agen. Keuntungannya adalah bila ia sudah membawahi agen dalam jumlah tertentu maka ia juga menikmati komisi dari agennya bila ada polis yang diterbitkan, walau jumlahnya tidak sebesar yang diterima oleh sang agen. Setelah mempunyai banyak orang yang dibawahnya maka ia akan diberi posisi director yang berkesempatan menikmati perjalanan keluar negeri, mobil, rumah dan uang komisi yang terus menerus walaupun ia tidak lagi bekerja untuk perusahaan asuransi tersebut. Inilah yang disebut kebebasan finansial

Berikutnya cara mencapai sukses adalah dengan menjalankan bisnis MLM. Bisnis ini menawarkan juga kebebasan finansial bagi pelakunya. Untuk MLM ini tidak saya jelaskan panjang lebar, Anda bisa membacanya diartikel saya sebelumnya yang berjudul “Salah Kaprah MLM”.

Cara keempat paling mudah untuk mencapai kesuksesan adalah menjadi agen properti. Cara ini terhitung baru, saya juga baru mengetahuinya sekarang. Ada dua jenis agen properti yaitu yang individual atau lepas dan ada juga yang bergabung dengan institusi tertentu. Agen properti lepas adalah agen yang bekerja sendiri menjalankan jual beli properti, biasanya ia mencari properti yang murah, lalu dipermak atau direnovasi dan dijual lagi dengan harga yang lebih tinggi. Selisih harga jual inilah yang menjadi keuntungannya. Menjadi agen seperti ini mungkin menikmati keuntungan yang lebih besar daripada agen properti institusi. Hal ini terjadi karena semua hal ia lakukan sendiri, baik dalam mencari dan menentukan rumah, menjual kepada pembeli termasuk mengurusi segala administrasi yang berhubungan dengan jual beli.

Berbeda dengan agen individual atau lepas, agen yang tergabung dengan institusi properti menitikberatkan bukan dengan keuntungan hasil jualnya yang besar, tetapi sistem yang sudah berjalan. Agen jenis ini tergabung dengan broker properti seperti ERA, Ray White, LJ Hooker dll. Disini mereka bertugas mencari dan menjual properti dengan mendompleng nama besar sang broker. Keuntungan penjualan juga harus dibagi dengan sang broker. Tetapi meski keuntungan lebih sedikit, tetapi pengurusan segala administrasi dilakukan oleh sang broker, jadi sang broker tinggal terima bersih. Aspek-aspek  hukum juga diperhatikan sehingga bila terjadi sengketa sang agen akan diback up habis-habisan.

Untuk bergabung menjadi agen ini cukup datang mendaftar, lalu ikut pelatihan yang mereka selenggarakan. Setelah itu kita sudah bisa melakukan tugas kita untuk menjual properti. Keuntungan lainnya adalah kita bisa mendapatkan income tambahan dari agen-agen bila kita sudah naik posisi. Sama dengan konsep agen asuransi, setiap penjualan oleh agen-agen kita, maka kita akan mendapatkan komisi.

Akhirnya kita tiba dikesimpulan, kalau diperhatikan untuk cara mudah untuk sukses tersebut 3 dibawah menawarkan konsep yang sama yaitu jaringan. Artinya apa, bahwa konsep pemasaran jaringanlah adalah salah satu konsep untuk mencapai kebebasan finansial selamanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s