Salah Kaprah MLM

“Dapatkan penghasilan dengan meluangkan 2 jam perhari dirumah untuk mendapatkan income Rp. 10 juta perbulan. BUKAN MLM”

Membaca iklan tersebut adalah sesuatu yang menggelitik perasaan yaitu sudah sedemikian rusakkah nama MLM ditengah masyarakat. Sebagai praktisi MLM pasti banyak mengalami penolakan bila adanya penawaran yang mengatasnamakan MLM. Padahal kalau diperhatikan MLM merupakan sebuah sistem pemasaran yang sangat bagus, dan terlebih lagi MLM itu menawarkan mimpi akan kebebasan finansial bagi pelakunya.

Saya ingin membawa kita sejenak untuk kembali memahami tentang teori Robert T Kiyosaki dalam bukunya Cashflow Quadran yang terkenal itu. Ia mengatakan bahwa kebebasan finansial adalah kondisi dimana kebutuhan kita akan keuangan terpenuhi tanpa kita harus bekerja. Sekali dicatat “tanpa kita harus bekerja”. Yang digaris bawahi oleh Kiyosaki adalah kebebasan finansial adalah keadaan dimana uanglah yang bekerja untuk kita. Mengapa demikian?.

Dalam skema Cashflow Quadrant Kiyosaki dinyatakan bahwa orang-orang yang berada diquadrant kananlah yang berpeluang dan pasti meninkmati kebebasan finansial. Orang-orang yang dimaksud disini adalah golongan business owner dan investor. Business owner atau pemilik bisnis adalah orang yang membangun usaha dengan ia duduk sebagai pemiliknya, bisnisnya dikembangkan hingga besar sehingga bisa memberikan profit kepadanya. Sedangkan investor adalah tahapan tertinggi dalam mengejar kebebasan finansial. Orang-orang dikelompok ini mungkin hanya ada 1% didunia ini dimana mereka tidak perlu bersusah-susah bekerja lagi, tetapi uanglah yang bekerja untuk mereka. Uang yang mereka investasikan disuatu lahan bisnis terus bertumbuh dan berbunga sehingga pasif incomenya tidak ada habis-habisnya.

Lalu apa hubungannya dengan MLM?. Orang-orang yang berkecimpung didunia MLM sebenarnya berada dikuadran kanan. Mereka adalah pemilik bisnis juga sebagai investor. Meskipun bisnis MLM adalah milik perusahaan tertentu yang menjadi induknya, tetapi para pelakunyalah yang memiliki bisnis tersebut. Mereka menciptakan jaringan mereka sendiri yang nantinya jaringan-jaringan itu terus tumbuh. Dengan bertumbuhnya jaringan maka yang menjual bukan hanya satu atau dua orang lagi, tetapi ratusan bahkan ribuan orang. Diprinsip MLM setiap orang yang merekrut orang baru akan mendapatkan bonus, begitu juga bila downlinenya tersebut merekut lagi orang dibawahnya. Dari hasil penjualan produk akan disisihkan untuk sang upline yang dibayarkan terus dan akan menjadi besar apabila jumlah orang dijaringannya. Semakin banyak downline berarti orang yang menjual semakin banyak, sehingga keseluruhan penjualan semua orang dibawahnya menjadi total penjualan sang upline.

Konsep MLM sebenarnya bukan barang baru, bukan hanya untuk menjual produk kebutuhan manusia seperti obat, peralatan rumah tangga dan kosmetik saja, tetapi bisa diterapkan diberbagai bidang diantaranya asuransi dan pemasaran online diinternet. Mengapa konsep MLM terus berkembang?. Hal ini karena setiap perusahaan menyadari bahwa semakin banyak jaringan penjualan produknya juga akan semakin banyak dibanding bila penjualan dilakukan orang per orang.

Kembali ke judul artikel ini yaitu Salah Kaprah MLM, timbul pertanyaan mengapa MLM seolah-seolah barang yang jahat. Kalau dicermati apa yang ditawarkan oleh MLM adalah menjual mimpi. Dikatakan menjual mimpi karena menawarkan kebebasan finansial seperti yang dipaparkan diatas. Selain itu menjual MLM bukanlah hal mudah, orang harus siap ditolak, dicemooh dan dihina karena pekerjaan ini. Ada yang mengatakan bahwa orang yang menjual MLM itu gila, pemimpi, menawarkan sesuatu yang tidak nyata. Tapi yang perlu dicatat bahwa bila dikerjakan secara serius apa yang ditawarkan bukanlah mimpi atau janji-janji kosong. Coba perhatikan berapa banyak orang yang telah meraih hal tersebut, punya rumah mewah, mobil, jalan-jalan keluar negeri setiap tahun, dan tidak kalah pentingnya berpenghasilan 100 juta keatas perbulan yang akan terus dibayar bahkan bila mereka tidak bekerja lagi untuk perusahaan.

Sekarang yang diperlukan adalah pikiran positif, bila kita benar-benar ingin menekuni MLM jadikanlah MLM untuk menolong orang lain. Dengan menawarkan MLM dengan orang lain kita akan membantu orang untuk mendapatkan kebebasan finansial. Sikap ortodoks, bertahan dan skeptis hendaknya dihilangkan bila ada yang menawarkan MLM, dengarkan dahulu dan pelajari sistemnya, carilah dan bergabunglah dengan perusahaan MLM yang sudah diakui dan terdaftar di APLI (Asosiasi Penjualan Langsung INdonesia). Pastikan kita selalu belajar dengan orang yang telah sukses, dan yang penting jangan malu bertanya kiat-kiat dan pengalamannya. Terkadang orang hanya memperhatikan saat seseorang sukses, tetapi tidak perduli dengan beratnya jalan yang ia tempuh hingga mencapai kesuksesan.

Satu hal lagi adalah hindari cara-cara yang tidak elegan untuk menjual MLM. Bisnis MLM adalah bisnis yang baik, tetapi terkadang disalah gunakan oleh orang-orang yang ingin mencari jalan pintas. Misalnya dengan mengirimkan email spam yang berisi ajakan untuk bergabung dengan MLM tertentu. Memang MLM bertujuan membantu orang lain, tetapi tidak semua orang senang bila dikirimi penawaran-penawaran seperti itu. Hindari juga melakukan tipu daya untuk merekrut downline dengan memasang iklan-iklan yang bertolak belakang dengan apa yang diiklankan. Gunakanlah cara-cara yang bersih untuk menjual MLM, yakinlah bahwa bila kita bekerja dengan jujur dan dari hati dengan tidak lupa bersyukur, pastilah yang diatas akan merestui. Memang akan banyak kerikil-kerikil yang menghadang melukai kaki kita dan membuat kita terjatuh, tetapi yang harus kita lakukan bukan menyerah tetapi bangkit dan berjalan terus sampai kepuncak kesuksesan.

2 pemikiran pada “Salah Kaprah MLM

  1. Multi level marketing is the way to go. There are lot of god info out there these days. The most important thing is to take “positive action” . Multilevel marketing With loads of people joining MLM these days , its te best time to join MLM. Thanks for the nice info my friend.

  2. Langsung aje ye………!

    Pas Desember 2007 akhir gue ditawarin sama saudara yg namanya usaha “Network Marketing” [MLM], apalagi isinya jualan obat, nah loe ………maksa dah? he he he….. yang katanya akan berpeluang pesat untuk berkembang di kota2 besar di Indonesia, eiit nanti dulu……….lsng googling nih ane!

    Awalnya gue pesimis dengan sistem marketing model MLMnya , kan tahu sendiri deh, yg namanya MLM kesannya dah jelek banget tuh di sini, tapi setelah gue coba review kembali ternyata isinya menarik loh, konsep yang di tawarkan benar – benar berbeda, tujuannya bagus dan jelas punya konsepnya, nah mungkin kalo loe pade penasaran nih, mo liat lebih jelasnya lo coba buka deh web aslinya yang di amrik sono : http://www.4life.com, emang sih rada lama buat di mengerti, tp gue dah coba bantu nih buatin web gratisannya yg pake bahasa indonesia: http://www.best4life.co.nr rencana sih buat bonus bagi yg mo gabung tinggal ganti no telp ma foto kan? Jd ngak usah cape2 MLM [ mulut ke mulut ] deh “yang kayanya sih masih bisa di itung ma jari tuh jumlah webnya di sini”.

    Soalnya nih yg namanya 4life kayanya baru masuk ke sini pertengahan 2006 kurang lebih 1.5 th yg lalu sih, padahal di Amrik [ 1998 ], ma di Rusia dah berkembang pesat loh, nih buktinya dah masuk buku PDR [ Buku Panduan Dokter di Amrik ] : http://www.4life.com/newsstand/dns_headlineNewsDetail.aspx?id=1 skrng die masuk urutan #15 loh di INC.Magazine, kategori perusahaan yg berkembang paling pesat, dan satu2nya perusahaan MLM yg pernah menduduki posisi kaya gitu di INC.Magazine, nih gue kasih lg buktinya : http://www.4tf.com/inc500.htm
    Nah bagus kan peluangnya, apalagi ngasih komisi bonusnya paling gede tuh diantara MLM2 yg lain [ kita 64% ], kalo untuk sekedar make obatnya dulu jg kaga di larang sih, ngak harus jadi member ko [ buat ngebuktiin khasiatnya ], nah buat komisi biasanya tiap tgl 15 dikirim ke rek bank kita langsung dari singapure, mau pake $ ape Rp juga bisa tergantung jenis tabungan kita, trus kl kita dah jd member kita bisa login lsng ke 4life.com, buat memantau perkembangan income & member kita.

    Nih usaha kayanya cocok buat di jalanin ma siapa aje, apalagi kita2 yg sering berkutat di dunia kesehatan : Dokter, Perawat, Dosen, Apoteker, Mahasiswa/ Kedokteran, Klinik Kesehatan, P. Swasta, Instansi Pemerintah, Pengusaha pokoknya siapa aje deh tumplek blek blek blek di situ yg namanya MLM mah ngak ade batesannya tul ngak?

    Buat member baru kita ngak di lepasin begitu aje, ada pelatihan2 & training mengenai 4life product, yg setiap sabtu rutin di jalanin, kita ngak wajib ikut sih, cuma buat perkenalan aje sama yg namanya 4life itu apa, trus bisa sharing sama yg udah pada berhasil di bisnis ini, nah kalo yg ini biasanya di adain di chitos nih buat ngomongin macem2 deh, mau liat accountnya yg udeh berhasil jg bias he he he [ eh..iya byk dokter loh yg pd sukses… ]

    Kalo mo info lebih lanjut loe bisa contact gue anytime ok di no flexi : 021.68353680 or email / ym : ryan.4life@yahoo.com

    Pesan gue : “ semua bisnis tujuannya sama yg penting gimana kita ngejalaninnya, ada yg jujur, jahat, maksa dll, nah kesononya tergantung kita masing2 bukan? mau dibawa kemana nih diri kita, kalau kita kaya, ya jadilah orang kaya yg mulia bukan kaya karena berdiri diatas penderitaan orang lain ok.

    yg pasti di 4life ngak janjiin hasil yg muluk2, emang buat target jangka panjang kok, kalau kita berhasil berarti kita dah ngikutin sistem yg bener, MLM ngak salah kok, mungkin system promosinya aja yg salah, thanks ya dah kasih tempat buat sharing…..

    semua MLM bagus2 kok kaya Tianshi, Amway, Ufo, Cni, dll nah kalo 4life gimana tuh? Sekarang tinggal masing2 pribadi aja deh yg berhak memilih he he he

    “Don’t Ever Give Up ok”

    4LIFE – TOGETHER, BUILDING PEOPLE + WINNERS GROUP 4LIFE TEAM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s