Opinion

Jogja, Never Ending Asia

Membaca judul diatas, saya agak sedikit bingung, yaitu mengapa semboyan yang diberikan adalah Never Ending Asia. Seperti banyak orang ketahui Malaysialah yang pertama kali membuat semboyan yang mengatakan bahwa mereka adalah Truly Asia. Baru kemudian di ikuti oleh beberapa negara lainnya termasuk Indonesia. Berbeda dengan Malaysia, Indonesia membuat slogan tersebut untuk daerah-daerahnya. Kalau tidak salah adalah untuk Jogja dan Bali yang menjadi ikon wisata terpenting diIndonesia.

Saya pribadi tidak mengerti apa maksud Pemerintah DIY membuat slogan tersebut, saya sadari memang ada unsur komersial dan advertisenya. Tetapi maksud never ending disini juga tidak jelas. Menurut saya alangkah baiknya kalau Jogja lebih menunjukkan kepada dunia akan kekayaan budayanya dibanding membuat slogan yang bahkan rakyat Jogja sendiri tidak paham apa maksudnya dan ini juga harus dalam konteks Indonesia secara keseluruhan. Slogan-slogan tersebut lebih baik di buat untuk melambangkan indonesia bukan perdaerahnya. Misal Indonesia, Paradise Of Asia atau Indonesia Heart Of World (karena hutannya dan karena juga di lewati garis khatulistiwa). Jadi indonesia secara keseluruhan bukan pengkotak-kotakan.Memang tidak dapat dipungkiri bahwa masyarakat lebih mengenal Bali daripada Indonesia sebagai negaranya. Hal ini wajar karena itu tadi penonjolan kepentingan daerah masing-masing dan ingin menunjukkan daerahnya lebih terkenal daripada daerah lainnya.

Tahun ini pemerintah meluncurkan program Visit Indonesia Year 2008, selain untuk menarik wisatawan datang ke indonesia juga untuk memperingati 100 tahun kebangkitan nasional. Saya sangat mendukung sekali program pemerintah ini, jadi sekarang yang dipublikasikan adalah indonesianya. Kemarin saat penyelenggaraan piala Thomas & Uber iklan tentang program ini sering muncul, dan ini merupakan langkah baik. Untuk mendukung program ini pemerintah meluncurkan website my-indonesia.info sebagai bahan informasi yang lengkap tentang indonesia dan tujuan wisatanya. Disitus yang menyediakan 2 bahasa ini di tampilkan lokasi-lokasi wisata indonesia serta cara atau jalan yang harus ditempuh menuju kesana. Ada juga informasi tentang jadwal penerbangan, hotel, tempat-tempat menarik yang wajib dikunjungi.

Iklan
Standar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s