Dimana Ada Gula Disitu Ada Semut

Hari ini saya janji dengan seseorang dikantor saya. Kemarin siang saya menerima telpon dari sebuah bank di Pontianak. Mereka menanyakan kapan saya ada waktu untuk bertemu. Dengan kekagetan yang masih menyelimuti saya bertanya dari mana mereka memperoleh data nomor handphone saya. Dijawab bahwa informasi tersebut mereka dapat dari database mereka. Akhirnya daripada memikirkan hal tersebut sayapun mengiyakan dan berjanji untuk bertemu keesokan harinya (hari ini).

Semut dan Gula

Pukul 10.30 tamu yang ditunggu datang. Seorang anak  muda berpakaian rapi. Tutur bahasanya juga teratur dan menarik. Mungkin sudah menjadi takdir dan ciri khas seorang marketing bank.

Diapun bercerita bahwa mereka berasa dari bank Dan***n bermaksud untuk menawarkan kredit dan pembiayaan untuk keperluan pengembangan bisnis atau keperluan pribadi saya. Wah kebetulan sekali saya pikir, karena saya memang saat ini membutuhkan tambahan dana untuk pengembangan bisnis yang sedang dijalani saat ini. Sayapun menyimak dengan seksama penjelasan dari sang marketer, tentang KRK, Kredit Berjangka, dll. Ia menjelaskan dengan detil keunggulan dan perbedaan dari masihng-masing kredit.

Penjelasan berikutnya beralih pada persyaratan pengajuan kredit tersebut, terus terang dalam hal ini saya tidak paham karena tidak pernah dalam hidup saya meminjam uang dibank, memberikan mungkin biasa (via tabungan). Beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pihak peminjam antara lain harus mempunyai agunan, kelengkapan administrasi dan waktu usaha yang minimal sudah 2 tahun berdiri.

Saya sudah menduga bahwa syarat terakhir akan menjadi halangan bagi saya. Bagaimana  tidak karena bisnis baru saya jalani belum dari setahun. Dan sang marketer mengatakan bahwa itu merupakan persyaratan wajib. Yah mentah jadinya keinginan untuk memperoleh tambahan dana.

Sebenarnya sebelum saya kedatangan marketer dari bank Dan***n, saya terlebih dahulu sudah dihubungi dan bertemu dengan seorang marketer bank Ma***i. Ia mengatakan bahwa mereka mendapatkan nama dan no telpon saya dari website saya di indonetwork.co.id. Dari dia juga saya memperoleh pengetahuan mengenai cara meminjam dan bertransaksi keuangan dengan bank, maka ketika marketer bank Dan***n menawarkan untuk bertemu saya, meski saya tahu untuk proses peminjaman tidak akan bisa terjadi, tetap saja saya mempersilahkan untuk bertemu. Hal ini karena tentu saja agar saya dapat memperoleh informasi lebih jauh dan mendalam tentang perbankan utamanya dalam hal pinjam meminjam ini, jika tidak mau dikatakan sebagai berhutang. Dan kini setelah bertemu kedua marketer tersebut, saya mendapat tambahan pengetahuan yang baru.

Pengalaman saya tersebut membawa saya pada 3 kesimpulan bahwa :
1.    Kita mau tidak mau akan membutuhkan bank atau lembaga keuangan lainnya dengan berbagai tujuan, baik untuk menabung, deposito ataupun berhutang untuk pengebangan bisnis.
2.    Bank juga membutuhkan nasabah (penabung dan peminjam) misalnya untuk menghimpun dana nasabah yang nantinya digunakan untuk dipinjamkan lagi kepada nasabah lain.
3.    Dengan berkembangnya bisnis yang berprospek dan berpotensi maka akan banyak bank atau lembaga keuangan yang akan menawarkan kredit atau pembiayaan lainnya. Karena bagaimanapun bank mencari nasabah yang prospek bukan sebaliknya.

Salam

4 pemikiran pada “Dimana Ada Gula Disitu Ada Semut

  1. Salam buat agan2
    Saya dari TI angkatan 2005
    Saya hanya ingin beritahu kalo ada forum khusus untuk alumni2 stmik pontianak.
    Kalo berminat silahkan ke TKP
    http://cospa.all-up.com/

    dan jangan lupa register akun juga yah… dan isi profile anda supaya bisa saling kenal satu sama lainnya
    ^^

    Dan selamat berpuasa bagi yang sedang menjalankanny
    mohon maaf lahir batin ^^

Tinggalkan Balasan

