Enterpreneurship, Maju atau Jalan ditempat.

Akhir-akhir ini banyak media baik cetak ataupun elektronik ramai-ramai membahas tentang enterpreneurship atau kewirausahaan. Profil mereka yang sukses berbisnis ditampilkan disertai tips-tips bagi siapapun yang ingin memulai bisnis. Tentu saja hal ini sangat menggoda, tapi apakah hal tersebut menambah jumlah pebisnis baru secara signifikan.

Dalam teori ekonomi, negara yang mempunyai fondasi ekonomi yang kuat adalah dimana banyaknya atau semakin bertambahnya pebisnis-pebisnis baru dalam bidang bisnis yang umum maupun bisnis kreatif. Dan karena itu untuk menghindari krisis ekonomi yang sering menyerang negara-negara berkembang, maka dinegeri ini juga seharusnya digalakkan program-program yang memihak kepada calon-calon pengusaha baru.

Dan pertanyaannya sekarang apakah sudah banyak orang yang sudah memulai berbisnis dan apakah pemerintah juga memberikan kemudahan-kemudahan bagi para calon pebisnis baru.

Untuk pertanyaan pertama sebelum menjawabnya kita harus kembali melihat kebiasaan atau pendapat banyak orang dimasyarakat. Meski mengetahui bahwa berbisnis adalah salah satu cara untuk mencapai jaminan finansial yang cukup tapi tetap saja pendapat-pendapat negatif sering diucapkan, mereka mengatakan bahwa berbisnis itu sulit, penuh resiko, kalau salah urus bisa bangkrut, perlu modal besar dan seterusnya. Bukankah kata-kata itu biasa kita dengar. Dan jangan salah mungkin anda pernah mendengarnya justru dari orang terdekat anda sendiri. Kesimpulannya pengusaha adalah tipe orang yang mampu mendobrak keterbatasan, kekangan serta pendapat yang menjatuhkan untuk mencapai tujuannya. Jadi sebelum berbisnis kita harus mengesampingkan dulu pendapat-pendapat diatas.

Paling penting dalam berbisnis adalah selalu belajar baik dari buku maupun langsung dari orang yang sudah sukses dibidang yang kita geluti. Dunia informasi yang semakin maju memberikan kita kemudahan dalam mendapatkan informasi profil orang-orang yang sudah sukses dibisnisnya. Terkadang mereka juga bercerita tentang pengalaman jatuh bangunnya serta titik dimana mereka menginjakkan kaki disukses yang dituju. Banyak orang juga tidak segan berbagi tips-tips untuk memulai dan menjalankan bisnis. Diforum-forum internet bisa kita temui orang-orang yang saling bertukar pendapat mengenai pengalaman, tips, kendala mereka dalam berbisnis.

Saya sendiri yakin bahwa jumlah enterpreneur di Indonesia semakin bertambah. Hal ini didasari semakin banyak industri-industri kreatif yang terus tumbuh. Ketersediaan pasar yang menuntut pemenuhan kebutuhan masyarakat menjadi peluang bagi banyak orang menemukan cara-cara baru menciptakan produk.

Pertanyaan kedua mungkin tidak kalah penting. Ya apakah dukungan pemerintah sudah maksimal. Kalau menurut saya dukungannya sudah lebih baik walaupun bisa dikatakan belum maksimal. Misal dalam hal permodalan, dimana kalau dulu bank sangat selektif dalam memberikan pinjaman apalagi kepada pengusaha kecil. Tapi kini banyak kita temui bank-bank atau juga institusi keuangan lain yang mempunyai divisi yang mengurusi permodalan untuk usaha kecil dan menegah. Meski begitu bank juga terlihat masih ragu untuk fokus pada hal itu. Kalau kita lihat belum semua bank memberikan dukungan permodalan serta pelayanan yang masih terbatas dan belum tersebar disemua wilayah membuat perkembangan kewirausahaan juga terbatas didaerah-daerah tertentu saja. Dalam hal ini pemerintah sebagai induk daripada sebuah negara mestinya berperan lebih besar. Mereka seharusnya mempunyai program yang mendukung enterpreneurship dan juga pelatihan-pelatihan, kemudahan dalam perijinan, serta dukungan lain yang memberikan kemudahan bagi calon pengusaha ataupun yang sudah menjadi pengusaha untuk lebih berperan lagi dalam perekonomian dinegerinya sendiri.

Tulisan ini hanya pendapat pribadi penulis yang juga berlatar belakang pengusaha.

Semoga bermanfaat.

Satu pemikiran pada “Enterpreneurship, Maju atau Jalan ditempat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s