Experience

Belanja Smartwatch via Gearbest.com

Beberapa hari yang lalu saya kedatangan sebuah smartwatch Android. Barang tersebut dikirim penjualnya dari China. Adapun smartwatch ini  saya beli karena penasaran dari review-review diinternet, yaitu sebuah alternatif smartwatch berbasis Android Wear.
Saya membelinya dari situs ecommerce yaitu Gearbest.com. Mungkin beberapa orang sudah pernah mendengar atau tahu situs tersebut. Tapi kalau yang belum tahu, Gearbest adalah salah satu situs yang menjual aneka macam gadget terutama brand dari China. Alternatif lainnya ada Banggood.com atau juga AliExpress.
Nama smartwatch yang saya beli ini adalah No. 1 D5. Alternatif saat itu adalah Finow X5, Kingwear 88 dan LEMFO LEM5. Merek apapula itu bro. Aneh sekali nama-namanya. Tapi opsi alternatif itu akhirnya di batalkan karena harga unitnya lebih dari $ 100.
No. 1 D5 watch
D5 mengusung prosesor Mediatek 6572 dengan RAM 512 MB dan penyimpanan internal 4 GB. Panel layar IPS dan baterai 450 mAh. D5 ini menggunakan sistem operasi berbasis Android 4.4.2 Kitkat. Berbeda dengan smartwatch lain yang menggunakan Android Wear, D5 ini menggunakan pure Android. Artinya pure Android adalah semua aplikasi Android yang umumnya diinstal di ponsel dapat diinstal disini (meski tidak semua bisa berjalan mulus). Fitur pada smartwatch ini ada sensor detak jantung, pedometer, install aplikasi via Play Store, membuka musik dan video, serta dapat menerima dan menjawab SMS atau panggilan telepon, karena adanya slot micro SIM.
Pertama saya beli karena jatuh cinta dengan penawaran di Gearbest dimana ada Flashsale sehingga harganya turun dari $84.33 menjadi $77.99. Meski ada beberapa review negatif untuk pembelian barang dari luar negeri, tapi akhirnya saya coba-coba beli.
User interface Gearbest ini mirip seperti Lazada, kita tinggal memilih produk yang kita beli, lalu kemudian tinggal check out dan melakukan pembayaran.
 
Pilihan pembayarannya hanya via Paypal. Jadi saya harus mendaftarkan dulu kartu kredit saya agar bisa melakukan pembayaran. Total dengan ongkos kirim $0.78 adalah $78.71, kalau dirupiahkan kurang lebih sekitar Rp. 1 juta.
Sebenarnya pilihan metode pengirimannya ada 3 yaitu Unregistred Air Mail, Registered Air Mail dan EMS (Express Mail Service). Tapi saya kemudian memilih yang Registered Air Mail.
Opsi pertama Unregistered Air Mail ditawarkan tanpa biaya alias gratis. Tapi orang bilang “ada harga ada rupa”, biasanya pilihan pengiriman ini memakan waktu yang “sangat lama” dan tidak ada metode tracking. Karena tanpa jejak, kita tidak tahu barang kiriman kita sedang berada dimana.
Berbeda dengan Unregistred Air Mail, pilihan Registered Air Mail menawarkan pengiriman dengan support tracking untuk memantau posisi barang kita. Biaya yang dikenakan sangat murah ($ 0.78). Pengiriman biasanya menggunakan PostNL (kantor pos Belanda). Saya juga bingung mengapa mereka menggunakan jasa pos itu. Lama pengirimannya berkisar 10 hari sampai 25 hari kerja.
Pilihan terakhir Expedited Shipping atau biasa disebut EMS adalah pilihan pengiriman yang lengkap dan cepat, biasanya menggunakan pengiriman macam Fedex dan DHL. Biaya kirimnya jauh lebih mahal berkisar 200 ribu-500 ribu (tergantung berat dan ukuran barang).
Lama pengiriman produk sampai ketempat saya menggunakan PostNL adalah 26 hari. Cukup lama ya. Pembelian produk saya lakukan tanggal 10 April dan baru tiba tanggal 06 Mei pagi. Selama masa kiriman, saya sungguh kepo untuk mengecek hasil tracking barang tersebut. Tapi list tracking baru muncul tanggal 15 April. Berarti ada 5 hari sampai baramg tersebut siap dikirim. Untuk mengetahui data tracking bisa menggunakan situs Trackingmore.com atau track24.com. Kedua situs itu menampilkan data yang cukup lengkap mengenai posisi barang kiriman kita.
Meski 26 hari lamanya terombang ambing dalam ketidak pastian (lebay…), akhirnya barang yang ditunggu sudah datang. Saat menjemput saya dibandara sekembalinya dari Semarang, istri menyampaikan kalau pagi hari ada paket kiriman yang diantar tukang pos. Yess.. Pengen buru-buru unboxing…
Pengen buat unboxing seperti channel Sobathape. Colek bang Irwan. Ini karena di Youtube belum ada channel lokal yang unboxing dan review smartwatch ini. Sayang karena ilmu belum cukup, niatnya diurungkan. Akhirnya diputuskan di tulis di blog saja. Setidaknya cukup untuk pamer. Dasar narsis.
Kiriman dari Gearbest sangat kurang menjanjikan. Saat membuka paket, langsung terlihat kemasan produk. Di sisi dalam kemasan ada bubble wrap tipis, selain itu tidak ada bungkusan lagi untuk melindungi produk dari benturan atau kerusakan.
Paket kiriman terlihat sudah dilakban, mungkin dibuka saat diperiksa di Bea Cukai bandara. Tapi secara keseluruhan tidak ada kerusakan pada kemasan ataupun produk smartwatchnya.
 
Ada beberapa teman yang bertanya apakah saya dikenai pajak impor pada pembelian ini?. Jawabnya tidak. Saya hanya dikenakan biaya pengantaran Rp. 5.000 dari tukang pos. Perlu diketahui bahwa paket yang dikenai pajak impor sesuai keputusan Menteri Keuangan Desember 2016 adalah paket dengan FOB (Free On Board) sebesar $ 100 ke atas. Jadinya kiriman saya tidak kena pajak. Yang lebih lucu dimanifest kiriman, pihak Gearbest menuliskan harganya adalah $ 20 dan isinya Smartband bukan Smartwatch. He2.
Berikut selintas gambar smartwatchnya :
 
Akhirnya cukuplah membeli No. 1 D5 sebagai pengobat rasa penasaran atas makin ngetrennya perangkat wearable. Bukan Android Wear macam Huawei Watch atau Samsung Gear, tapi smartwatch dengan merk antah berantah, No. 1 D5. Sebuah jam tangan pintar yang akan menemani hari-hari saya dan membuat hidup lebih mudah dengan segala “kepintarannya”.
Update : seorang teman meminta saya untuk order produk smartwatch lainnya.
Standar

Tinggalkan Balasan

