Experience

Guru bernama Youtube

Tadi sore istri saya bercerita tentang perkembangan sekolah anak saya, Filbert yang saat ini duduk dikelas TK B. Menurut gurunya, Madam Eta, anak saya suka berbicara bahasa Inggris disekolahnya.
Hal itu membuat ia penasaran sehingga saat bubar sekolah ia pun bertanya pada istri saya.
“Mama, mau tanya si Filbert dirumah ada les bahasa Inggris ya?.
Istri saya berpikir sejenak, “Ga ada madam” jawabnya kebingungan. “Memang kenapa ya”
“Atau papa atau mama ada ajarin bahasa inggris ke Filbert?” Tanyanya lagi. “Soalnya saya sering dengar dia bicara bahasa inggris sama temannya. Ngomongnya ready, number one, oh my gos. Makanya saya penasaran dan mau tanya mama.”
“Ah kalau itu mah memang sering madam. Dirumah juga gitu. Tapi kita ga ngajarin lho. Selama ini dia belajar kata-kata itu dari Youtube, misal kata ready yang saya tau dia dapat dari film Cars (film tentang mobil balap yang bisa berbicara)”.
“Oh gitu. Pantas!” kata Madamnya sambil tersenyum.

Youtube saat ini ternyata banyak membantu orang untuk belajar, bukan semata tontonan visual saja. Bukan hanya cerita tentang Filbert, beberapa waktu yang lalu saya menonton bagaimana seorang pria Korea bisa berbahasa Indonesia dengan cukup lancar tanpa pernah kursus atau bahkan belum pernah ke Indonesia. Ternyata rahasianya ia belajar dengan guru bernama Youtube.

 

Standar

Tinggalkan Balasan

