Tips

Mari Bermimpi

Mari Kita Bermimpi ketika kita berharap, kita takut untuk bermimpi. Bahkan beberapa orang mengatakan bahwa “jangan jadi pemimpi!”Hidup diawali dari sebuah mimpi.Masa depan dibentuk dari sebuah mimpi. Jangan takut untuk bermimpi. Setidaknya, sering-seringlah kita melakukan mimpi yang sadar atas apa yang kita harapkan akan terjadi terhadap kita di masa yang akan datang.Apa gunanya kita bermimpi?

Mimpi akan membentuk sebuah sikap yang optimis dan memotivasi diri mewujudkan apa yang kita impikan. Coba kita lihat orang-orang yang tidak punya daya juang tinggi, orang yang merasa lemah sepanjang hari, orang yang gampang putus asa, dan orang yang tidak mau maju. Mereka adalah orang-orang yang tidak mempunyai mimpi dan mereka adalah orang-orang yang takut membentuk mimpinya sendiri. Mimpi adalah sebuah kekuatan yang dapat kita gunakan sebagai jembatan masa depan.Bentuklah mimpi-mimpi anda. Untuk pertama kali mungkin kita akan merasa malu untuk mengawali sesuatu dari sebuah mimpi. Kita juga merasa bahwa kita melakukan hal yang tidak banyak artinya ketika kita mau untuk bermimpi.Mengapa?

Karena kita tidak tahu bahwa mimpi mengandung sebuah kekuatan yang dapat mempengaruhi sel-sel otak manusia mewujudkan harapannya. Bermimpi secara sadar adalah melakukan tindakan imajinatif dalam pikiran terhadap apa yang kita harapkan untuk terjadi dalam diri kita.Semakin kuat kita melakukan mimpi, semakin kuat pikiran membentuk sebuah jembatan dalam sel-sel otaknya. Semakin sering kita melakukan mimpi secara sadar, semakin gampang kita dituntun ke arah pembentukan realitas harapan kita.Jangan takut bermimpi!

Apapun hal yang akan kita lakukan, entah itu mengawali sebuah usaha, pekerjaan ataupun kegiatan lain yang kita harapkan hasilnya, bermimpilah tentang hal tersebut. Bermimpilah bahwa kita telah mengalami sebuah hasil dari yang akan kita lakukan.

Dengan mimpi tersebut kita telah membentuk jalan dalam pikiran yang siap menuntun kita menjadi seperti apa yang kita impikan. Ini adalah rumus pertama dari rahasia kekuatan pikiran, yaitu buatlah mimpi secara sadar atas apa yang kita harapkan akan terjadi dalam diri kita. Jangan malu-malu, jangan ragu-ragu, jangan setengah-setengah, tetapi benar-benar buatlah sebuah mimpi yang nyata tentang diri kita tersebut. Selamat bermimpi! Dan selamat mengalami perubahan dalam hidup!

Standar
Tips

Affirmation Statement, Mindset & Attitude

Apakah yang dimaksud affirmation statement?. Affirmation statement atau kata-kata atau seruan yang diucapkan berulang-ulang yang bersifat menegaskan agar pikiran kita tetap terfokus pada apa yang kita ucapkan. Kata-kata atau pernyataan yang kita ucapkan berulang-ulang akan memaksa otak kita untuk menyimpan hal tersebut dipikiran bahwa sadar kita. Pikiran bawah sadar ada kekuatan inti yang dapat memerintahkan tubuh kita untuk melakukan apa yang kita yakini tanpa bertanya untuk apa kita melakukannya.

Contoh affirmation statement adalah bila malam ini kita ingin bangun pada esok hari jam 5 pagi maka bila kita ucapkan terus menerus sebelum tidur makan otak kita akan menyimpannya dan pada jam lima pagi otak kita akan bereaksi dan memberikan perintah kepada tubuh untuk bangun. Begitu juga bila kita ingin bangun jam 3 pagi misalnya karena ingin menonton pertandingan bola, maka bila kita berikan affirmation statement maka kita akan terbangun pada jam yang kita inginkan.

Affirmation statement hendaknya berbentuk dan mempunyai nilai. Atributnya harus jelas agar bisa diterjemahkan oleh otak. Contoh bila kita ucapkan sebelum tidur kita akan bangun sepagi-paginya maka otak mempunyai dua kemungkinan yang akan terjadi. Yang pertama ia akan menganggap serius dan kita akan “dibangunkan” pagi-pagi sekali misal jam 1 pagi. Kemungkinan kedua otak akan menganggapnya sesuatu yang tidak penting, sehingga kita pun misalnya bangun kesiangan. Oleh karena itu pengucapan affirmation statement harus jelas atributnya.

Penggunaan affirmation sebenarnya terjadi dikehidupan sehari-hari. Seorang guru menghukum muridnya yang sering terlambat datang dengan memberikan tugas bagi sang murid untuk menulis kata “Saya tidak akan datang terlambat lagi” sebanyak 100 halaman penuh. Setelah melakukan hal tersebut hampir 100 persen murid tidak akan datang terlambat lagi. Bukan karena ia takut akan hukumannya, tetapi menulis kalimat “Saya tidak akan datang terlambat lagi” ternyata memberikan stimulasi dan perintah kepada otak bawah sadarnya untuk tidak datang terlambat lagi sesuai dengan apa yang ia tulis. Untuk hasil yang lebih baik sang guru bisa mengharuskan sang murid untuk membacanya didepan kelas kalimat tadi sebanyak 1 lembar dan hal ini akan memberikan hasil yang baik.

Lalu untuk tujuan apakah saya menulis tentang hal ini. Sebenarnya affirmation statement bisa kita terapkan untuk hal yang lain bagi kita untuk mencapai kesuksesan. Walah kok bisa?. Tidak usah terlalu bingung, berikut saya berikan tipsnya. Menurut para peneliti seseorang bisa sukses karena ia mempunyai pemikiran yang menuntunnya kepada kesuksesan. Pikiran menentukan jadi apa kita pada saat ini dan akan datang.

Meskipun untuk sukses dibutuhkan action berupa kerja keras yang melibatkan fisik, tetapi pikiran memiliki peran yang sangat istimewa. Pikiran ibarat garis start pada perlombaan lari. Sekaligus ia menjadi penanda kemana kita harus melangkah. Ada dua hal pokok tentang pikiran yang menuntun seseorang pada kesuksesan, yaitu mindset dan attitude. Hal ini paling sering ditekankan oleh para trainer atau pembicara pada setiap kesempatan. Mindset adalah lebih mirip sebuah kepercayaan atau doktrin yang tertanam diotak kita. Misalkan kita diberi pekerjaan keluar kota, maka mindset kita akan beranggapan bahwa keluar kota adalah hal yang berat untuk dilakukan, apalagi fisik kita tidak kuat misalnya. Begitupun bila kita ingin terjun berbisnis, maka pikiran kita akan berkata bahwa bisnis itu susah, membutuhkan modal yang besar, banyak yang bangkrut dan memiliki hutang. Akibatnya kita tidak akan pernah memulai bisnis itu. Mindset banyak dipengaruhi oleh lingkungan, orang-orang dalam komunitas kita sebenarnya berperan besar menanamkan sesuatu keyakinan dalam diri kita. Contohnya bila kita berada dilingkungan penjudi, maka kita pasti akan dipengaruhi menjadi penjudi, tetapi sebaliknya bila kita berkumpul dan berinteraksi dengan orang-orang pengusaha misalnya, maka kita akan mempunyai pikiran seperti mereka.

Ada sebuah kisah yang menarik tentang mindset ini. Percobaan melibatkan tiga ekor katak yang ditempatkan disebuah toples plastik dengan tutup yang dibuka. Naluri seekor katak mengatakan bahwa ia harus keluar dari tempat itu, apalagi ketika ia melihat cahaya diluar. Katak pertama mencoba untuk keluar dengan melompat. Berulang-ulang ia melompat, tetapi sia-sia karena toples lumayan tinggi dan permukaannya sangat licin. Berulang-ulang ia lakukan dan gagal. Karena kecapekan maka sang katak pun berhenti mencoba. Katak kedua mulai mencoba dan juga gagal. Percobaan selanjutnya adalah dengan memotong toples menjadi lebih pendek. Katak pertama dan kedua sudah dikeluarkan dan sekarang tinggal katak yang ketiga. Tetapi yang terjadi adalah katak tersebut hanya diam, tidak mencoba untuk melompat meski bila ia mau mencobanya maka ia akan berhasil keluar. Hal ini terjadi karena ia sudah menyaksikan teman-temannya gagal dan ia sudah menanamkan dalam pikirannya bahwa lompatannya tidak akan berarti dan dia sudah pasti tidak bisa keluar.

Begitulah mindset mempengaruhi orang lain.

Berikutnya adalah attitude. Attitude adalah cara pikir atau cara pandang kita dalam melihat sesuatu. Setiap orang mempunyai persepsi berbeda dalam memandang sesuatu. Misal seorang pencuri mencuri karena ingin memberi makan keluarganya yang kelaparan. Sebagian orang menganggap ia seorang pencuri karena mengambil hak orang lain, tetapi sebagian mungkin akan berpendapat sebaliknya dan menganggap ia sebagai pahlawan bagi keluarganya. Itulah cara pandang atau attitude.

Timbul pertanyaan apakah hubungan affirmation statement, mindset dan attitude. Kabar baiknya affirmation statement ternyata bisa diterapkan untuk mengubah mindset dan attitude kita. Bila kita mempunyai mindset yang buruk akan sesuatu misalnya, maka kita bisa memberikan kata-kata affirmatif kepada pikiran agar kita menjauhkan pikiran kita dari hal buruk atau menjauhkan diri kita dari lingkungan yang kurang baik. Dengan begitu kita akan terlepas dari mindset atau pikiran buruk kita. Demikian juga attitude atau cara pandang. Misal kita beranggapan bahwa bisnis yang kita lakukan banyak mengalami halangan, maka kita berikan affirmation statement agar kita bisa melihat hal positif dari masalah yang dialami. Karena sesuatu yang burukpun sebenarnya berharga karena memberikan pengalaman dan pembelajaran kepada kita agar lebih baik lagi.

Perlu diketahui bahwa yang menghalangi banyak orang untuk sukses adalah midset dan attitudenya. Mindset yang mengatakan untuk mencapai sukses itu berat, penuh kegagalan dan beresiko tinggi hendaknya dibuang. Karena selama itu masih ada maka kita tidak akan pernah memulainya. Begitupun dengan attitude, hendaklah kita memiliki attitude yang positif dalam menghadapi setiap masalah atau halangan kita untuk mencapai sukses. Karena dengan melihat sesuatu dari kacamata positif maka kita tidak akan menganggap sesuatu menjadi berat dan yang pasti kita akan menikmati apa yang kita kerjakan.

Kata kunci pokok adalah bila ingin sukses hendaklah mengubah mindset dan attitude kita. Salah satu caranya adalah berikan terus menerus affirmation statement setiap kali kita merasa mindset dan attitude negatif menghampiri kita.

Terakhir kesuksesan dicapai karena kita memikirkannya. Bayangan akan kesuksesan tergambar jelas diotak kita. Mungkin dalam setiap kelakuan sehari-hari kita tidak bisa selalu konsisten untuk melakukan hal yang membawa kita menuju sukses, tetapi yang paling penting adalah kesuksesan tersebut harus ada dulu dipikiran kita. Berikan affirmation statement yang positif setiap saat agar kita konsisten mewujudkan apa yang kita inginkan. Ucapkan selalu kata-kata “Saya ingin sukses” atau “Saya harus sukses” atau mungkin yang lebih spesifik “Saya ingin memiliki rumah seharga 2 m, 3 tahun dari sekarang”. Itu bukanlah hal yang muluk, yakinlah pikiran kita akan mencari jalan untuk mewujudkan itu semua, karena semua hal tersebut sebenarnya sudah diprogramkan oleh Yang Kuasa sejak kita menjejakkan kaki didunia dan akan tetap ada sampai kita kembali kepadanya suatu hari kelak.

Salam sukses untuk kita semua.

Standar
Tips

Belajar Dari Author The Money Maker

The Money Maker adalah istilah yang dimunculkan oleh Johanes Lim Phd, seorang pembicara dan pengarang buku terkenal. Ia mendeskripsikan prinsip tersebut dengan mengatakan bahwa setiap orang menginginkan kesuksesan, tetapi hanya sedikit yang mewujudkannya. Cara mewujudkannya dipaparkan secara gamblang oleh sang author. Menurutnya ada 4 cara untuk mencapai kesuksesan yang paling mudah (sekali lagi catat “MUDAH”), yaitu :

1. Menjadi pengusaha

2. Menjadi agen asuransi

3. Menjadi pelaku bisnis MLM

4. Menjadi broker properti

Untuk yang pertama siapapun tahu bahwa menjadi pengusaha yang memiliki usaha sendiri merupakan jaminan untuk memperoleh finansial yang baik. Tetapi untuk 3 berikutnya memang terhitung ide baru.

Menjadi agen asuransi adalah pilihan yang paling baik karena peluang produk perlindungan dan investasi dinegara ini masih sangat besar. Berbeda dengan dinegara-negara lain asuransi merupakan salah satu hal yang tidak boleh dilupakan. Memang mengubah pandangan orang bukanlah hal mudah, tetapi bila ada keyakinan pasti bisa dilakukan. Produk Asuransi terbagi 2 yaitu perlindungan dan investasi. Perlindungan meliputi pertanggungan terhadap musibah semisal kebakaran, sakit dan kematian. Sedangkan investasi merupakan produk asuransi yang memberikan perkembangan pokok investasi dengan bunga apabila disimpan dalam jangka waktu yang lama. Contohnya investasi masa pensiun, asuransi haji, asuransi pendidikan anak dan lain-lain. Untuk produk asuransi investasi ini umumnya menawarkan pembayaran dalam jangka waktu 5 sampai 10 tahun dengan bunga yang diklaim lebih besar dari deposito.

Ada juga produk asuransi yang menawarkan paket untuk kedua jenis asuransi tersebut yaitu perlindungan atau proteksi dan investasi. Jenis asuransi ini biasa disebut Unit Link. Bahkan premi yang dibayar juga bisa dalam jumlah yang kecil. Asuransi milik salah satu bank terkemukan bahkan menawarkan asuransi komplit tersebut dengan premi Rp. 3 juta pertahun dengan jangka waktu 5 tahun.

Melihat kondisi masyarakat saat ini seharusnya asuransi menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki. Bisa dibayangkan bila seorang suami dengan 3 anak dan istri yang tidak bekerja tiba-tiba meninggal. Akibatnya keuangan keluarga juga akan berhenti dan pastilah yang menjadi korban adalah keluarga yang ditinggalkan. Istri akan membanting tulang untuk menghidupi anaknya dengan bekerja, dan anak-anak pastilah akan terlantar. Disinilah peran asuransi sangat berguna. Misalkan tadi sang suami sudah menyiapkan asuransi untuk dia dan keluarganya, sehingga bila ia meninggal keluarganya tidak akan ikut sengsara, karena ia pasti akan mendapatkan uang pertanggungan yang mencapai ratusan juta rupiah, belum lagi uang investasi yang bisa ia ambil bila diperlukan. Dengan uang tersebut pastilah keluarga tersebut akan dapat hidup layak meskipun suaminya telah meninggalkannya.

Saya sendiri sudah ikut asuransi mulai tahun ini karena manfaatnya yang besar. Bukan hanya ikut, tetapi saya juga berkeinginan menjadi agen asuransi yang menjual polis bagi yang membutuhkan. Keuntungan apa yang didapat dari menjual asuransi?

Menurut Johanes Lim menjadi agen asuransi merupakan pilihan yang baik tanpa harus meninggalkan pekerjaan kita. Setiap polis kita yang terjual, maka kita akan mendapatkan komisi atas total premi penerima polis, kisaran komisi bervariasi untuk setiap perusahaan asuransi mulai dari 5% sampai dengan 20%, bahkan ada perusahaan yang berani membayar 30%. Bayangkan bila ada orang yang ikut asuransi yang membayar premi sebesar 300 juta/tahun selama 10 tahun berapa jumlah uang komisi yang diterima oleh sang agen.

Menjadi agen tidak hanya dapat menjual polis saja tetapi ia juga bisa mengajak orang lain menjadi agen. Keuntungannya adalah bila ia sudah membawahi agen dalam jumlah tertentu maka ia juga menikmati komisi dari agennya bila ada polis yang diterbitkan, walau jumlahnya tidak sebesar yang diterima oleh sang agen. Setelah mempunyai banyak orang yang dibawahnya maka ia akan diberi posisi director yang berkesempatan menikmati perjalanan keluar negeri, mobil, rumah dan uang komisi yang terus menerus walaupun ia tidak lagi bekerja untuk perusahaan asuransi tersebut. Inilah yang disebut kebebasan finansial

Berikutnya cara mencapai sukses adalah dengan menjalankan bisnis MLM. Bisnis ini menawarkan juga kebebasan finansial bagi pelakunya. Untuk MLM ini tidak saya jelaskan panjang lebar, Anda bisa membacanya diartikel saya sebelumnya yang berjudul “Salah Kaprah MLM”.

Cara keempat paling mudah untuk mencapai kesuksesan adalah menjadi agen properti. Cara ini terhitung baru, saya juga baru mengetahuinya sekarang. Ada dua jenis agen properti yaitu yang individual atau lepas dan ada juga yang bergabung dengan institusi tertentu. Agen properti lepas adalah agen yang bekerja sendiri menjalankan jual beli properti, biasanya ia mencari properti yang murah, lalu dipermak atau direnovasi dan dijual lagi dengan harga yang lebih tinggi. Selisih harga jual inilah yang menjadi keuntungannya. Menjadi agen seperti ini mungkin menikmati keuntungan yang lebih besar daripada agen properti institusi. Hal ini terjadi karena semua hal ia lakukan sendiri, baik dalam mencari dan menentukan rumah, menjual kepada pembeli termasuk mengurusi segala administrasi yang berhubungan dengan jual beli.

Berbeda dengan agen individual atau lepas, agen yang tergabung dengan institusi properti menitikberatkan bukan dengan keuntungan hasil jualnya yang besar, tetapi sistem yang sudah berjalan. Agen jenis ini tergabung dengan broker properti seperti ERA, Ray White, LJ Hooker dll. Disini mereka bertugas mencari dan menjual properti dengan mendompleng nama besar sang broker. Keuntungan penjualan juga harus dibagi dengan sang broker. Tetapi meski keuntungan lebih sedikit, tetapi pengurusan segala administrasi dilakukan oleh sang broker, jadi sang broker tinggal terima bersih. Aspek-aspek  hukum juga diperhatikan sehingga bila terjadi sengketa sang agen akan diback up habis-habisan.

Untuk bergabung menjadi agen ini cukup datang mendaftar, lalu ikut pelatihan yang mereka selenggarakan. Setelah itu kita sudah bisa melakukan tugas kita untuk menjual properti. Keuntungan lainnya adalah kita bisa mendapatkan income tambahan dari agen-agen bila kita sudah naik posisi. Sama dengan konsep agen asuransi, setiap penjualan oleh agen-agen kita, maka kita akan mendapatkan komisi.

Akhirnya kita tiba dikesimpulan, kalau diperhatikan untuk cara mudah untuk sukses tersebut 3 dibawah menawarkan konsep yang sama yaitu jaringan. Artinya apa, bahwa konsep pemasaran jaringanlah adalah salah satu konsep untuk mencapai kebebasan finansial selamanya.

Standar
Tips

Menikmati Hidup dan Pekerjaan

Thomas Alva Edison, penemu yang sangat produktif, pernah ditanya,

”Anda, begitu sibuknya bekerja. Apakah Anda tidak merasa lelah?”

Dengan mimik keheranan, Edison menjawab, ”

Anda kira saya bekerja? Saya tidak pernah bekerja sedetikpun. Yang saya lakukan adalah keasyikan dan keasyikan”.

Thomas Edison tak pernah merasa bekerja padahal ia memang bekerja. Perasaan asyik dan nikmat yang membuat ia merasa tak pernah bekerja seumur hidupnya. Ia bekerja karena motivasi dalam dirinya yang kuat, sehingga lebih tahu apa manfaat dan kepuasan yang akan didapatkan dari melakukan suatu pekerjaan. Hal ini membuatnya lebih mempunyai rasa memiliki terhadap pekerjaan itu. Rasa ’terlibat’ ini membuat Edison merasa asyik dengan pekerjaannya.

Kita juga dapat melakukan hal itu jika mau. Yakni dengan cara memotivasi diri sendiri untuk bekerja. Dengan memotivasi diri, kita akan dapat ’tenggelam’ menikmati pekerjaan yang kita lakukan. Dan karena umumnya, waktu kita digunakan untuk bekerja, maka orang yang dapat menikmati pekerjaan juga akan lebih dapat menikmati hidup.

Sumber: Buku ”Burn Yourself”

Standar
Tips

Cara Konkrit Bikin Duit

31 Agustus 2007

Pulang kerja, tidak perduli badan tambah capek, yang penting stress hilang (maklum diakhir bulan pekerjaan jauh lebih banyak).  Jalan-jalan keliling akhirnya kami terdampar di Gramedia karena teman saya mau cari komik, waduh bung sudah tua kok masih baca yang begituan sih, seloroh kami. Saya sendiri gak tau mau cari apa disana. Ketika teman-teman asyik baca, mata saya tertuju pada counter majalah, ada beberapa majalah dan tabloid baru. Mulai dari majalah seluler sampai majalah untuk “nyak gue“. Hehe. Saya tertarik dengan salah satu majalah, karena bentuknya unik, yaitu Duit!. Topiknya untuk terbitan Agustus ini adalah “Dari Bangku Kuliah Langsung Jadi Pengusaha”. Wah tertarik banget ceritanya saya.

Akhirnya saya beli itu majalah en bawa pulang. Majalah mini ini memang membahas persoalan-persoalan bisnis untuk usaha perseorangan atau organisasi (terutama UKM) dan juga Franchise dan MLM. Pada edisi itu dikisahkan banyaknya fenomena banyaknya anak-anak muda yang sekarang langsung loncat jadi pengusaha ketika selesai bahkan saat berada dibangku kuliah (kalau dibandingkan, kita gak ada apa-apanya, abis kuliah masih nodong ortu sih).

Lanjut lagi ceritanya. Tokoh-tokoh yang ditampilkan ternyata masih berusia muda antara 19-25 tahun. Weleh-weleh. Bahkan ada usaha dari anak-anak muda ini yang sudah difranchise kan. Ambil contoh Purwan Habibie Siswanto (21 tahun), berbekal keuletan dan kerja keras serta pengalaman yang didapat, maka ia mengembangkan usaha goreng pisang premium dengan nama PMan. Usaha ini dirintisnya pada tahun 2005, dengan modal 5 juta ia bertekat membuat pisang goreng yang disukai oleh segala lapisan masyarakat. Mulailah ia memperhatikan usaha sejenis yang ada di jakarta, membanding-bandingkannya dan mengukur tingkat kelebihan dan kekurangannya. Akhirnya ia menemukan satu penjual pisang goreng Pontianak yang terkenal di Jakarta. Dari semula ingin menjadi mitra, akhirnya Purwan diajari membuat pisang goreng yang disukai banyak orang.

Sepulangnya Purwan pun berpikir untuk memulai usaha yang sama, tetapi tetap menonjolkan differensiasi produknya dari pisang goreng serupa yang dijual dipasaran. Selama 3 bulan ia meracik menu dan bahan-bahan untuk diolah menjadi pisang goreng yang disukai orang. Dikarenakan modalnya yang masih kurang, Purwan bekerjasama dengan salah satu rekannya untuk mengembangkan usaha pisang goreng ini dengan nama pisang goreng PMan. Berkat kerja keras keduanya, PMan sudah mempunyai 20 gerai di Jakarta, Yogya, Bogor, Bandung, Banjarmasin dan Surabaya.

Selain Purwan masih banyak lagi anak-anak muda yang bisa mengembangkan bisnis dari bangku kuliah, baik dari nol maupun dari usaha keluarga. Meskipun begitu bukan berarti mereka tidak mengalami kegagalan, karena setiap usaha pasti akan mengalami saat kegagalan, dan yang bertahanlah yang akan sukses.

Orang-orang seperti Purwan dan yang lain dalam bahasa bisnis disebut Enterpreneur.  Enterpreneur adalah orang yang memulai bisnis mereka dari 0 dan mengembangkannya hingga bias mencapai sukses.
Fenomena Enterpreneur dari bangku sekolah atau kuliah bukanlah hal baru, tetapi di Indonesia baru marak belakangan ini. Ini didorong  karena sekolah dan bangku kuliah saat ini tidak menjamin akan adanya masa depan yang cerah.

Manusia sekolah hanya untuk menjadi karyawan, begitu pendapat beberapa orang. Memang alasan tersebut tidak selalu benar, karena disekolah dan bangku kuliah kita tidak hanya belajar ilmu dari guru atau dosen, tetapi kita juga belajar berinteraksi, berkomunikasi dan berhubungan dengan oranga lain, membangun organisasi dan relasi dan juga memahami karakter orang lain. Dan hal tersebut sangat berguna pada saat pengembangan bisnis kita nantinya.

“Tidak ada rahasia kesuksesan. Kesuksesan merupakan hasil dari persiapan, kerja keras, dan belajar dari kegagalan” (Colin Powell)

Standar
Tips

Koneksi Internet Dengan Mentari (2)

Berikut cara koneksi internet dengan kartu GSM yaitu mentari. Untuk kartu GSM lain, pada dasarnya prosedurnya sama, tetapi hanya berbeda disettingan username en password dari operator aja.

Pertama, pastikan bahan ini tersedia

1. Handphone GSM yang bisa dijadikan modem (fitur masing-masing HP bisa dicek dimanual atau situs vendornya)
2. Kartu GSM Mentari (nanti gue kasi tahu kenapa pake mentari)
3. Kabel data, Bluetooth dongle untuk konektor (disini gue pake Bluetooth)

Langkah-langkahnya
1. Pastikan aplikasi Bluesoleil (aplikasi pendukung untuk menjalankan Bluetooth, tersedia dalam paket pembelian)     sudah terinstall dikomputer kita.
2. Nyalakan Bluetooth di HP kita.
3. Dari Bluesoleil pilih menu My Bluetooth -> Bluetooth Device Discovery,
kemudian bila terdeteksi maka nama HP kita akan ditampilkan.

blue1.JPG

4. Klik kanan nama HP kita itu lalu pilih Refresh Device, maka service-service akan ditampilkan. Pilih Connect -> Dial Up Networking Service.

5. Berikutnya kita akan diminta mem<i>Pair Device</i> HP kita. Ini untuk menyelaraskan dengan settingan komputer. Isilah passwordnya (terserah kita), cocokkan antara HP dengan komputer, misal komputer 11, maka HP juga 11. 
blue2.JPG

6. Setelah itu akan muncul tampilan dialog koneksi
blue3.JPG
Isikan Username dengan indosat dan passwordnya indosat. Lalu tekan Dial, maka internet akan terkoneksi. Tandanya akan ada icon notifikasi berupa dua buah komputer kecil yang berkedap kedip. Sekarang kita sudah siap berselancar didunia maya.

7. Ingatlah untuk selalu mengontrol pemakaian koneksi internet kita, perlu gue ingatkan bahwa koneksi dengan HP GSM ini dihitung berdasarkan jumlah Kilobyte yang terdownload saat kita membuka situs atau membuka email. Dianjurkan untuk lebih banyak menggunakan ini untuk browsing dari pada download file atau attachment, karena akan menguras pulsa anda. Disarankan juga untuk menggunakan kartu GSM Indosat (Mentari, IM3) dari pada operator lain. Koneksi internet oleh Indosat dikenakan biaya Rp 5/Kb, lebih hemat dibandingkan dengan kartu As dan simPATI yang mengenakan Rp 20-25/Kb atau kartu Halo Rp 12/Kb. Sudah taukan jawabannya sekarang. Semoga bermanfaat.

Standar